Jumat, 13 November 2020 10:04

Mendikbud Cek Bantuan Kuota Data Internet Sampai ke Wilayah Paling Selatan Indonesia

Written by
Rate this item
(0 votes)

Kabupaten Rote, 11 November 2020 --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Rote memastikan program bantuan kuota data internet yang diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sampai ke penerima manfaat di daerah 3T.
 
Mendikbud mendapatkan informasi bahwa masih ada siswa dan guru belum menerima bantuan kuota data internet karena masih banyak kepala sekolah yang belum menandatangani surat pertanggungjawaban mutlak (SPTJM).
 
“Untuk SPTJM, cukup tanda tangan, foto, dan unggah. Kuota data internet akan langsung dikirim oleh operator asal nomor ponselnya aktif. Tidak perlu ada izin dari dinas pendidikan,” ujar Mendikbud.
 
Mendikbud menegaskan, setiap bulannya bantuan kuota data internet gratis akan disalurkan sebanyak dua kali. “Kalau kepala sekolah telah memenuhi tahapan secara benar, bantuan kuota data internet pasti disalurkan. Jika sampai terjadi demikian, saya pastikan tim saya di pusat untuk turun tangan,” tutur Nadiem.
 
Saat ini, sudah 35 juta peserta didik, guru, mahasiswa dan dosen yang telah menerima bantuan kupta internet gratis. Pemberian kuota internet ini dibagi menjadi empat kategori. Pertama, bantuan kuota internet untuk peserta didik jenjang PAUD sebesar 20 GB kuota internet per bulan.
 
Kedua, peserta didik jenjang dasar dan menengah mendapatkan 35 GB kuota internet per bulan. Ketiga, pendidik jenjang PAUD, pendidikan dasar, dan menengah mendapatkan 42 GB kuota internet per bulan. Keempat, dosen dan mahasiswa mendapatkan bantuan kuota internet sebesar 50 GB per bulan.
 
Duta Pelondou, siswa kelas XI SMA Rote Tengah menyampaikan terima kasihnya kepada Mendikbud, ‘Setahun ini saya merasakan banyak perubahan oleh Bapak Menteri. Apalagi diberikan bantuan kuota untuk belajar jarak jauh.”
Duta juga menyampaikan harapannya kepada Mendikbud untuk lebih memperhatikan daerah perbatasan. “Semoga Bapak Menteri semakin memperhatikan kami anak-anak Rote, agar kami dapat berkembang lebih pesat lagi,” tuturnya.
 
Ada beberapa sekolah yang dikunjungi Mendikbud kali ini antara lain SMK Negeri 1 Rote Barat, SD Negeri Ndao, SMP Negeri 3 Lobalain, SMA Negeri 1 Lobalain, dan TK Negeri Pembina. Sebelumnya, pada hari pertama kedatang pada Selasa (10/11/2020), Mendikbud mengunjungi pusat pengrajin kain tenun Rote, situs cagar budaya Masjid An Nur, situs cagar budaya Raja Rote, dan situs cagar budaya Gereja Mengelama.
 
Selain Anita Jacoba Gah, pada kunjungan ini Mendikbud juga didampingi oleh Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Jumeri, Staf Khusus Mendikbud Bidang Media dan Komunikasi, Muhammad Heikal, Direktur SD, Sri Wahyuningsih, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, Rachmadi Widdiharto, Kepala LMPM Provinsi Nusa Tenggara Timur, Muhamad Irfan, dan Bupati Kabupaten Rote Ndao Paulina Haning Bulu.
 
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Laman:www.kemdikbud.go.id
 
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
 
#bersamahadapikorona
#merdekabelajar
#berprestasidarirumah
 

Read 692 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.