TUGAS LPMP

Melaksanakan penjaminan mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah di Provinsi berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

 

FUNGSI LPMP

  1. Pemetaan mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah;
    1. Melakukan penyusunan bahan pemetaan mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah;
    2. Melakukan analisis hasil pemetaan mutu satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam pencapaian standar nasional pendidikan;
    3. Melakukan penyusunan bahan rekomendasi hasil pemetaan mutu dan supervisi satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah kepada unit kerja/instansi terkait dan pemangku kepentingan lainnya; 
    4. Melakukan evaluasi pelaksanaan pemetaan mutu satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam pencapaian standar nasional pendidikan;
    5. Melakukan penyusunan laporan hasil pemetaan mutu satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam pencapaian standar nasional pendidikan;
  1. Pengembangan dan pengelolaan sistem informasi mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah;
    1. Melakukan pengembangan dan pengelolaan sistem informasi mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah;
    2. Melakukan penyiapan perangkat sistem informasi pendidikan dasar dan pendidikan menengah;
    3. Melakukan pengumpulan dan pengolahan data dan informasi mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah;
    4. Melakukan validasi data dan informasi mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah;
    5. Melakukan penyajian dan penyebarluasan data dan informasi mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah;
    6. Melakukan pemeliharaan sistem informasi mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah;
  1. Supervisi satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam pencapaian standar nasional pendidikan;
    1. Melakukan penyusunan bahan supervisi mutu satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam pencapaian standar nasional pendidikan;
    2. Melakukan analisis hasil supervisi satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam pencapaian standar nasional pendidikan;
    3. Melakukan penyusunan bahan rekomendasi hasil supervisi satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah kepada unit kerja/instansi terkait dan pemangku kepentingan lainnya; 
    4. Melakukan diseminasi hasil supervisi kepada pemerintah daerah provinsi dan daerah kabupaten/kota serta pemangku kepentingan lainnya;
    5. Melakukan evaluasi pelaksanaan supervisi satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam pencapaian standar nasional pendidikan;
    6. Melakukan penyusunan laporan hasil supervisi satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam pencapaian standar nasional pendidikan;
  1. Fasilitasi peningkatan mutu pendidikan terhadap satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam penjaminan mutu pendidikan;
    1. Melakukan penyusunan bahan fasilitasi peningkatan mutu pendidikan dasar dan menengah dalam pencapaian standar nasional pendidikan;
    2. Melakukan pemberian layanan, bimbingan, dan bantuan teknis implementasi standar nasional pendidikan;
    3. c. Melakukan evaluasi pelaksanaan fasilitasi peningkatan mutu pendidikan;
    4. Melakukan penyusunan laporan fasilitasi peningkatan mutu pendidikan;
  1. Pelaksanaan kerja sama di bidang penjaminan mutu pendidikan; dan
    1. Melakukan penyusunan bahan kerja sama peningkatan mutu pendidikan;
    2. Melakukan kerja sama peningkatan mutu pendidikan dalam pencapaian standar nasional pendidikan;
  1. Pelaksanaan urusan administrasi LPMP.
    1. Melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan konsep program kerja LPMP;
    2. Melakukan penyusunan rencana, program, kegiatan, sasaran, dan anggaran LPMP;
    3. Melakukan urusan verifikasi dan pengesahan dokumen pencairan anggaran LPMP;
    4. Melakukan urusan pembayaran belanja pegawai, belanja barang, belanja modal, dan pembayaran lainnya serta penyusunan bahan usul penghentian pembayaran gaji pegawai;
    5. Melakukan urusan pembukuan dan pertanggungjawaban keuangan LPMP;
    6. Melakukan administrasi penerimaan negara bukan pajak di lingkungan LPMP;
    7. Melakukan penyusunan bahan penyelesaian kerugian negara di lingkungan LPMP penyelesaian kerugian negara;
    8. Melakukan penyusunan bahan usul formasi dan rencana pengembangan pegawai LPMP;
    9. Melakukan penyusunan bahan usul penerimaan, pengangkatan, penempatan, kepangkatan, pemindahan, pemberhentian dan pemensiunan pegawai serta mutasi lainnya di lingkungan LPMP;
    10. Melakukan urusan pengembangan, disiplin, dan usul pemberian penghargaan pegawai LPMP;
    11. Melakukan penyusunan data dan informasi kepegawaian, penilaian prestasi/kinerja pegawai, dan administrasi kepegawaian lainnya di lingkungan LPMP;
    12. Melakukan pengadministrasian penilaian angka kredit jabatan fungsional di lingkungan LPMP;
    13. Melakukan penyusunan bahan fasilitasi penilaian angka kredit jabatan fungsional Guru Madya pangkat Pembina Tingkat I golongan IV/b sampai dengan Guru Utama pangkat Pembina Utama golongan IV/e di daerah provinsi wilayah kerjanya;
    14. Melakukan penyiapan usul pegawai yang akan mengikuti pendidikan dan pelatihan, ujian dinas, ujian penyesuaian ijazah, izin belajar, dan tugas belajar;
    15. Melakukan penyusunan usul pembuatan kartu pegawai, kartu isteri/kartu suami, asuransi kesehatan, tabungan asuransi pensiun, tabungan perumahan, dan dokumen kepegawaian lainnya;
    16. Melakukan penyusunan bahan analisis organisasi, analisis jabatan, analisis beban kerja, dan penyusunan peta jabatan LPMP;
    17. Melakukan penyusunan bahan peta bisnis proses, sistem dan prosedur kerja, dan standar pelayanan di lingkungan LPMP;
    18. Melakukan penerimaan, pencatatan, dan pendistribusian surat masuk dan surat keluar;
    19. Melakukan urusan penataan, pemeliharaan, dan usul penghapusan arsip;
    20. Melakukan penyusunan bahan publikasi dan hubungan masyarakat serta dokumentasi kegiatan di lingkungan LPMP;
    21. Melakukan pengelolaan perpustakaan dan poliklinik LPMP;
    22. Melakukan urusan keprotokolan, upacara, penerimaan tamu, dan rapat dinas pimpinan;
    23. Melakukan urusan keamanan, ketertiban, kebersihan, dan keindahan di lingkungan LPMP;
    24. Melakukan urusan pengaturan penggunaan peralatan kantor, kendaraan dinas, dan gedung kantor serta sarana dan prasarana lainnya di lingkungan LPMP;
    25. Melakukan penyusunan rencana kebutuhan, pengadaan, dan penyimpanan sarana dan prasarana LPMP;
    26. Melakukan urusan pendayagunaan, pemeliharaan, inventarisasi, dan usul penghapusan barang milik negara LPMP;
    27. Melakukan penyusunan laporan keuangan di lingkungan LPMP;
    28. Melakukan evaluasi pelaksanaan rencana, program, kegiatan, sasaran, dan anggaran LPMP;
    29. Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan
    1. Melakukan penyusunan laporan Subbagian dan konsep laporan LPMP.