Rabu, 10 Agustus 2022 05:53

Pelatihan Pengelolaan dan Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran

Written by
Rate this item
(1 Vote)

Pontianak, 10 Agustus 2022 - Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat - Revolusi industri 4.0 telah memberikan dorongan baru bagi transformasi dunia pendidikan dalam beberapa tahun terakhir sejalan dengan perkembangan teknologi informasi semakin pesat. Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memuat semua teknologi yang berhubungan dengan penanganan informasi yang meliputi pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.
Guru harus dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penguatan dan pengembangan aspek utama pendidikan seperti konten,pedagogi dan manajemen pendidikan. Namun pada kenyataannya masih banyak guru-guru yang belum mampu menguasai apalagi memanfaatkan TIK secara utuh di dalam proses tersebut. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dimaksud disini dalam bentuk Software Maupun Hardware maupun Tools, Sebut saja Smartphone dan Aplikasi – aplikasi didalamnya, Internet yang mencakup Platform Website Pembelajaran maupun Sosial Media. Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat mengadakan kegiatan selama 3 hari kepada guru-guru untuk meningkatkan dan memanfaatkan teknologi Informasi tersebut. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala BPMP Kalmantan Barat Bapak Iwan Kurniawan, S.Si. M.Si . adapun Kegatan ini mulai diselenggarakan pada 4 s.d 6 Agustus 2022 angkatan pertama.  saat ini masih berlangsung angkatan kedua. direncanakan kegiatan ini dilaksanakan hingga angkatan  kelima.
Tujuan dari kegiatan pelatihan ini yaitu peserta dapat memahami beragam teknologi yang terkait pembelajaran, memahami adanya beragam platform digital untuk pembelajaran dan mampu mengakses serta menggunakan platform Merdeka Mengajar.

 

Read 2032 times Last modified on Rabu, 10 Agustus 2022 09:22

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.